Multimedia Pembelajaran Interaktif

   Kajian Bab 1 pada buku yang berujul “Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan pengembangan” oleh :Prof. Herman Dwi Surjono, M. Sc., M.T., Ph.D. (2017).

Universitas Negeri Yogyakarta

 



Judul Buku

Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan

Penulis

Prof. Herman Dwi Surjono, M. Sc., M.T., Ph.D.

Edisi

I (Pertama)

Tahun Terbit

2017

ISBN

978-602-5566-11-0

Penerbit

UNY Press

Pengkaji

Shanty Stevania Pangaribuan

NIM Pengkaji

20312289006

 

Hi!, Jumpa lagi

Kali ini shanty akan melakukan Kajian Buku dari Bapak Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. 

Kajian ini dilakukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran Berbasis Multimedia di Universitas Negeri Yogyakarta.

Buku yang berjudul Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan merupakan sebuah buku yang menjelaskan terkait multimedia pembelajaran terutama yang bersifat interaktif. Dalam buku ini dijelaskan mulai dari apa itu multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia, distribusi multimedia, hingga pemanfaatan multimedia. Berikut ini merupakan hasil kajian dari buku ini khususnya kajian untuk bab 1 Multimedia;

 

A.  Hal apa saja yang sudah baik (yang telah dibahas) pada bab 1 Multimedia ?

        Pada bab 1 Multimedia didahului dengan tujuan pembelajaran bab Multimedia yaitu memberi pemahaman konseptual yang menjadi dasar untuk pembahasan pokok dari buku ini, dan dalam penyajiannya sudah disajikan dengan baik dan cukup kompleks mengenai dimulai dari pengertian multimedia, baik secara etimologis dan trimonologis. Pada bab ini juga menjelaskan elemen -elemen pada multimedia yang terdiri dari Teks, Gambar, Suara, Animasi , Video, dalam bab ini juga dijelaskan bahwa multimedia dapat disajikan secara linear maupun Non-linear, kemudian memaparkan Authoring Tools dan creating-editing Tools untuk membuat dan mengedit multimedia. Bukan hanya itu saja tapi didalam bab ini juga diberitahu bagaimana pendistribusi-an multimedia kepengguna yaitu dapat melalui Compact Disk/ Digital Versatile Disk, Kiosk, internet, dan handphone, penyajian multimedia serta pemanfaatan multimedia diberbagai sektor seperti sektor pendidikan, bisnis, pariwisata, hiburan, dan rumah tangga. Dalam bab ini juga terdapat ringkasan untuk mempermudah pembaca dalam memahami inti dari pembahasan.

 

B.  Hal apa saja yang masih kurang (yang belum dibahas) pada bab 1 Multimedia ?

        Pada bab ini masih terdapat kekurangan yaitu belum terdapat pembahasan perkembangan multimedia dari masa ke masa. Sehingga sebelum pembaca mengetahui seperti apa multimedia itu dapat mengetahui terlebih dahulu bagaimana perkembangan multimedia dari masa ke masa. Selain itu dalam bab ini juga perlu diberikan pembahasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada masing-masing elemen multimedia. Kemudian pada bab ini hanya memaparkan keuntungan dari multimedia secara global, sebaiknya dilengkapi juga kelemahan dari multimedia secara global. 

 

C.  Bab tentang apa yang masih belum ada dalam buku ini tetapi seharusnya ada?

        Pada buku ini belum terdapat contoh yang jelas mengenai pengembangan model MPI ,pada buku hanya berisi langkah dan penjelasannya saja, sehingga pembaca akan kesulitan mengetahui bagaimana bentuk multimedia dengan menggunakan beberapa model MPI. Pada buku ini juga belum ada pembahasan karakteristik dari software pembelajaran sehingga pembaca tidak dapat mengklasifikasikan karakteristik multimedia. Kemudian perlu juga dibahas  tata cara membuat MPI atau multimedia pembelajaran interaktif yang berkualitas baik dan juga mumpuni yang dapat dibuat untuk peserta didik.

 

Kajian Pustaka

Herman Dwi Surjono. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press

    

Sekian kajian bab 1 yang membahas “Multimedia” pada buku Multimedia Pembelajaran Interaktif konsep dan pengembangan.

Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.

Terimakasih.. :)

 

       With Love,

Shanty StevaniaP

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Relevansi Perjalanan Pendidikan Nasional

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

STRONG.